Thursday, December 10, 2015

Jangan Lakukan Hal Hal Berikut Saat Di GIgIt Ular

Bokline, Di lansir dari liputan6.com Ada lebih dari 3000 spesies ular di seluruh dunia, sejauh ini dari jumlah tersebut , terdapat 375 spesies ular di golongkan sebagai ular berbisa, jumlah ular berbisa tersebut banyak di temukan di daerah dengan iklim tropis seperti di indonesia. oleh karena itu pengetahuan praktis tentang apa yang di larang di lakukan ketika di gigit ular dapat bermanfaat jika anda di hadapkan dengan situasi darurat tersebut.

Cara Mengatasi racun

Berikut hal yang di larang untuk di lakukan ketika terkena gigitan ular:

1. Jangan  di kompres
Jangan Mengompres luka bekas gigitan dengan menggunakan kompres dingin atau ice page karena hal ini akan menghambat sirkulasi darah dan membuat racun mengendap di lapisan kulit, pada luka gigitan yang tidak dalam , biarkan saja darah keluar dan tutup luka dengan penutup yang bersih tanpa di campur dengan obat apapun

2. Jangan di hisap
Jangan mencoba mengeluarkan racun dengan cara menghisapnya dengan mulut. menghisap langsung dengan menggunakan mulut seperti yang sering terlihat pada adegan film, bukanlah hal yang di jamin untuk di lakukan. karena dengan begitu sama saja anda mentransfer racun langsung ke mulut anda. memberan dalam mulut dapat menyerap racun dan dalam prosesnya bakteri dalam mulut juga akan di trasfer ke dalam luka gigitan dan meningkatka terjadinya resiko infeksi.

3. Jangan Menyayat luka gigitan
Beberapa orang menyayat luka gigitan dengan tujuan membuka jalan untuk pompa penghisap racun, padahal jika luka gigitan di sayat, hal ini akan meningkatkan kemungkinan infeksi, karena bentuk gigi taring ular  berbentuk melengkung sehinggasulit untuk mendeteksi posisi racun saat di suntikkan.

4. Jangan Minum Obat pereda sakit
Jangan meminum atau mengaplikasikan obat apapun termasuk obat pereda rasa sakit kecuali di bawah instruksi dokter, obat obatan bukanlah pengganti anti racun, dan juga sebaiknya tetap tenang dan tidak banyak bergerak karena semakin cepat detak jantung seorang yang kena gigitan ular, maka makin bertambah pula jumlah darah yang mengalir menuju ke daerah gigitan dan meningkatkan bisa atau racun.

5. Jangan Gunakan Alat Kejut Listrik 
Alat ini biasanya di gunakan untuk perlindungan diri karena stangime mampu mengalirkan arus listrik dengan volt tinggi, namun amper rendah sehingga hanya membuat seseorang pingsan hanya sementara, penggunaan alat ini untuk gigitan ular dapat membahayakan dan belum terbukti efektif.

6. Jangan gunakan torniket
yaitu balutan untuk pertolongan pertama dalam menghentikan pendarahan luar, mengurangi sirkulasi darah pada bagian tubuh yang tergigit dapat menyebabkan kerusakan sel dan dapat membahayakan bagian tubuh tersebut

itulah 6 hal yang sangat di larang untuk di lakukan ketika seseorang terkena gigitan ular jika tetap di lakukan maka bisa berakibat fatal. 

No comments:

Post a Comment